Goresan Kata

Nasib terbaik adalah tidak dilahirkan, yang kedua dilahirkan tapi mati muda, dan yang tersial adalah umur tua. Rasa-rasanya memang begitu. Bahagialah mereka yang mati muda.. Soe Hok Gie

Minggu, 04 November 2012

Organisasi

Pengertian Organisasi
Secara umum organisasi adalah sekumpulan orang yang memiliki pemikiran dan tujuan yang sama.
Ciri- ciri Organisasi
Organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1.      Terdapat sebuah kelompok orang yang dapat dikenal dan saling mengenal.
2.      Terdapat kegiatan yang berbeda- beda, tapi saling berkaitan ( interdependent part ) yang merupakan kesatuan kegiatan.
3.      Masing- masing orang memberikan kontribusi berupa pemikiran, tenaga, dsb.
4.      Terdapat kewenangan, koordinasi dan pengawasan.
5.      Terdapat tujuan yang ingin dicapai.
Bentuk-bentuk Organisasi
1.      Organisasi Garis
Oleh Henry Fayol (Paris)
Bentuk organisasi yang paling sederhana dan paling tua, digunakan di kalangan militer dengan jumlah karyawan yang masih sedikit dan saling kenal, dan spesialisasi kerja yang belum begitu tinggi.
Kelebihan
1.      kesatuan komando baik karena pimpinan berada di atas satu tangan
2.      proses pengambilan keputusan berjalan dengan cepat.
3.      Solidaritas karyawan tinggi karena saling kenal.
Kekurangan
1.      jika sang pemimpin tidak mampu maka akan mudah jatuh
2.      ada kecendrungan bertindak otokratis
3.      kesempatan berkembang terbatas

1.      Organisasi Fungsional
Oleh F.W. Taylor.
Pimpinan-pimpinan yang ada tidak mempunyai bawahan yang jelas karena setiap pimpinan mempunyai wewenang memberik komando sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut.

Kebaikan
1.      Pembagian tugas jelas
2.      Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan digunakan dengan maksimal
3.      Digunakan tenaga ahli dalam berbagai bidang sesuai dengan fungsi-fungsinya.
Keburukan
1.      Spesialilsasi menyebabkan susah “tour of duty”
2.      Karyawan mementingkan bidangnya sehingga sukar melaksanakan koordinasi.

1.      Organisasi Garis dan Staf
Oleh Harrington Emerson
Biasanya digunakan oleh organisasi besar dengan daerah kerja yang luas dengan bidang tugas yang beraneka ragam serta rumit. Memiliki satu atau lebih tenaga staf tenaga ahli yang memberi saran atau nasihat.
Kebaikan
1.      Dapat digunakan oleh tenaga organisasi sebesar apapun dan sekompleks apa pun.
2.      Keputusan yang matang dan sehat dapat diperoleh karena adanya tenaga ahli.
3.      Dapat mewujudkan “The right man in the right place”.
Keburukan
1.      Solidaritas sukar diwujudkan karena tidak saling kenal
2.      Koordinasi kadang sukar diterapkan karena terlalu luasnya organisasi

1.      Organisasi Staf dan Fungsional
Merupakan kombinasi organisasi staf dan funsional, memiliki kekurangan dan kelebihan seperti halnya organisasi staf dan fungsional.

Sumber :
1.      http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2298376-definisi-pengertian-dan-ciri-ciri/
2.      http://sempak-dewidewi.blogspot.com/2012/03/bentuk-bentuk-organisasi.html
3.      http://teldy-yandera.blogspot.com/2012/11/hal-hal-penting-yang-perlu-dipenuhi.html
4.      http://citranurhanifah.blogspot.com/2011/11/t-i-pebentuk-kendalispan-of-control-dan.html
5.      http://hudda7x.wordpress.com/2011/03/10/tipe-bentuk-struktur-skema-organisasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar